Kinerja Pelayanan Kecamatan Ungaran Barat

Pencapaian kinerja kegiatan akan menunjukkan sejauh mana keberhasilan/kegagalan pelaksanaan kegiatan program kebijakan. Kecamatan Ungaran Barat  telah menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah sesuai dengan rencana kinerja Tahun 2016. Analisis  kinerja ini  pelaksanaan kegiatan selama 1 (satu) tahun, dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Pada tahun 2016 Kecamatan Ungaran Barat dalam Rencana Kerja Tahun 2016 akan melakukan 21 kegiatan dan telah merealisasikannya secara keseluruhan semua  kegiatan guna mencapai sasaran yang telah ditetapkan dalam Renstra Kecamatan Ungaran Barat Tahun 2016-2021, dengan hasil seperti pada Tabel berikut :

Pengukuran Pencapaian Sasaran

SASARAN STRATEGISINDIKATOR KINERJATARGETREALISASI%
12345
Meningkatnya kapasitas kelembagaan dan ketatalaksanaan SKPDTerwujudnya tertib pengelolaan jasa surat menyurat dan urusan/administrasi kepegawaian1000 surat masuk450 surat keluar20 pegawai1.515 surat20 pegawai127
Terbayar nya rekening telepon, air dan listrik; tersedianya komponen instalasi  listrik ; serta pembelian BBM untuk genset 6 kali 5 liter12 bulan, 10 jenis12 bulan, 10 jenis100
Tersedianya dukungan kerja yang maksimal dengan penyediaan sarana kerja yang baik14 unit, 12 bulan14 unit, 12 bulan100
Tersedianya dukungan kerja yang maksimal dengan penyediaan logistik kantor yang memadai12 bulan, 11 bulan12 bulan, 11 bulan100
Terlaksananya pengelolaan administrasi keuangan  ( SPJ,SPP, SPM)3 dok, 12 bulan3 dok, 12 bulan100
Tersedianya peralatan dan bahan pembersih kantor, serta tukang kebersihan lingkungan12 jenis, 86 buah12 jenis, 86 buah100
Terlaksananya rapat konsultasi dan koordinasi ke luar daerah2 OH2 OH100
Terbayarnya honor instruktur senam dan penjaga malam serta tenaga kebersihan1 org/ 11 bln2 org/ 12 bln1 org/ 11 bln2 org/ 12 bln100
Terlaksananya penyempurnaan ruang tunggu pelayanan, pengecatan gedung kantor, pembuatan kanopi teras untuk parkir1 ruang, 1 paket1 ruang, 1 paket100
Terpeliharanya dan terbayarnya ijin kendaraan dinas/operasional1 mobil, 7sepeda motor1 mobil, 7 sepeda motor100
Terlaksananya  pembelian PDH batik18 bh18 bh96,7
Meningkatnya kemampuan manajemen pemerintahan dan pembangunan melalui perencanaan dan penganggaran yang berbasis data dan arah kebijakan prioritas yang didukung pengendalian dan pengawasan secara optimalTersusunnya LPJ, LKPJ, Lakip, LPPD,4 dokumen4 dokumen100
Tersusunnya Renja,KUA/PPAS, RKA dan DPA Penetapan, RKA dan DPA Perubahan5 dokumen5 dokumen100
Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang meliputi SDM aparatur, sistem manajemen dan kelembagaanTerlaksananya rakor Kades  dan Sekdes12 kali12 kali100
Terlaksananya pembinaan administrasi desa11 desa/ kelurahan16 desa100
  Terlaksananya rakor BPD, rakor peningkatan kinerja aparatur, rakor inventarisasi aset desa1 kali1 kali100
Terlaksananya fasilitasi penyusunan Perdes dan APBDes, serta intensifikasi dan monev PBB2 kali2 kali100
Terlaksananya monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang pemerintahan12 bulan12 bulan100
Terlaksananya pendampingan musrenbang desa11 desa/kel16 desa100
Terlaksananya musrenbang kecamatan dan asistensi SPJ DAUD2 kali2 kali100
Terlaksananya rakor PJOK PJAK, lomba K3, rakor BUMDes, pameran UKM Tk. Kec, rapat evaluasi pembangunan desa1 kali1 kali100
Terlaksananya monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pembangunan dan pmd12 bulan12 bulan100
Terlaksananya fasilitasi dan pembinaan bidang keagamaan11 desa/kel16 desa100
Terlaksananya fasilitasi dan pembinaan bidang pendidikan, kepramukaan, pemuda olahraga, KB PP, ketenagakerjaan6 kali6 kali100
Terlaksananya rakor raskin, rakor JKN, rakor maternal and infant mortality meeting (M3)3 kali3 kali100
Terlaksananya rakon dan rakor pemberdayaan perempuan12 kali12 kali100
Terlaksananya karantina dan pengiriman kontingen MTQ, rapat bulan dana PMI, lomba kreatifitas anak, pelantikan dan pembekalan pegurus MPA desa se Kec. Ungaran Barat1 kali1 kali100
Terlaksananya monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang kessos/kemasyarakatan12 bulan12 bulan100
Terlaksananya rapat koordinasi Satlinmas1 kali1 kali100
Terlaksananya rakor PBA, rakor penegakan perda, rakor pelaksanaan Pileg dan Pilpres2 kali2 kali100
Terlaksananya patroli wilayah, pengamanan dan monev Pileg dan Pilpres11 desa/kel16 desa100
Fasilitasi pembuatan KTA Satlinmas Desa375 orang160 orang100
Terlaksananya monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang kantramtibun12 bulan12 bulan100
Terlaksananya pelayanan KTP dan KK3000 KK, 6000 KTP3000 KK, 6000 KTP267
Terlaksananya pelayanan IMB dan IG150 IMB, 100 IG15 IMB, 20 IG100
Terlaksananya legalisasi surat keterangan tertentu dari desa6000 surat4964 surat100
Terlaksananya rakor kependudukan2 kali2 kali100
Terlaksananya rapat evaluasi bidang kependudukan, rakor PATEN, rakor perijinan1 kali1 kali100
Terlaksananya monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang pelayanan umum12 bulan12 bulan100

Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Penerapan PATEN

Peningkatan kualitas pelayanan menjadi keharusan bagi Pemerintah Kecamatan, terlebih dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pelayanan Terpadu di Kecamatan (PATEN). Sesuai amanat PP tersebut maka pada tahun 2014 diharapkan semua kecamatan dapat menerapkan Pelayanan Terpadu tersebut.

Namun pelaksanaan PP tersebut bukan tanpa kendala, banyak hal yang harus dibenahi sehingga apa yang menjadi tujuan terbitnya peraturan tersebut dapat tercapai. Maka isu penting pada saat ini adalah “Penerapan Pelayanan Terpadu di Kecamatan”.

Author: animanji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *